Google Memperkenalkan Chatbot AI Gemini pada Google Messages: Sebuah Ikhtisar

Teknologi495 Dilihat

Teknisi – Dalam langkah terbaru untuk memperluas implementasi chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI), Google telah mengintegrasikan “Gemini” ke dalam beragam layanannya, termasuk sekarang di Google Messages, yang beroperasi dengan RCS (Rich Communication Services). Pengumuman sebelumnya oleh Google menyatakan bahwa Gemini akan terintegrasi ke dalam Google Messages, menandai langkah besar berikutnya setelah integrasinya di Workspace, mencakup Gmail, Docs, Sheets, dan lainnya.

 

Para pengguna Google Messages akan disambut dengan notifikasi yang mengajak interaksi dengan Gemini, yang berbunyi, “Hi, I’m Gemini in Google Messages. Chat with me to draft messages, brainstorm ideas, plan events, or just have a fun conversation.” Mengetuk notifikasi ini akan membawa pengguna langsung ke jendela percakapan dengan Gemini, di mana mereka dapat mulai berinteraksi.

 

Dalam interaksi awal ini, Gemini akan menawarkan berbagai topik pembicaraan, seperti membantu merencanakan pesta, memberikan ide untuk memulai percakapan, atau bahkan menulis ulang pesan ulang tahun. Ini memungkinkan pengguna untuk merancang pesan, mengajukan pertanyaan, dan merencanakan kegiatan, sembari memberi opsi untuk menyalin atau membagikan respons Gemini ke dalam chat lain di Google Messages atau aplikasi lainnya.

 

Meski demikian, interaksi dengan Gemini saat ini terbatas pada pertukaran teks. Pengguna yang menginginkan pengalaman Gemini yang lebih mendalam diundang untuk mengunjungi situs web khusus di gemini.google.com. Di tahap awal peluncurannya, Gemini hanya tersedia untuk pengguna beta Google Messages secara global, termasuk Indonesia, dengan beberapa prasyarat seperti usia minimum 18 tahun, aktivasi RCS, dan penggunaan bahasa Inggris pada perangkat.

 

Untuk saat ini, kompatibilitas Gemini dibatasi pada perangkat tertentu, termasuk Google Pixel versi 6 ke atas, Google Pixel Fold, serta seri terbaru dari Samsung Galaxy S dan Galaxy Z. Tidak ada informasi konkret mengenai kapan Gemini akan tersedia bagi pengguna secara lebih luas, tetapi kehadirannya di Google Messages menambah daftar panjang produk Google yang telah mengadopsi AI ini.

 

Gemini tidak hanya hadir sebagai chatbot; di perangkat Android, ia juga bisa diatur sebagai asisten virtual yang menggantikan Google Assistant. Ini memberikan pengguna fleksibilitas untuk menggunakan Gemini untuk berbagai fungsi, termasuk mengatur alarm, melakukan panggilan, atau mengendalikan perangkat smart home, sembari tetap memiliki opsi untuk kembali ke Google Assistant jika diinginkan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *